Selasa, 03 April 2012

PENGANTAR ANALISIS PERANCANGAN JARINGAN KOMPUTER

Teknologi di bidang software saat ini lebih menjanjikan dibandingkan teknologi hardware. Menurut data dari Software Engineering A Programming 2nd Edition (Dougbell, 1992) bahwa dari tahun 1980 sampai sekarang software memiliki relatif biaya yang terus meningkat dibandingkan dengan hardware yang justru semakin menurun. Selain itu dalam kurun waktu 5 tahun tingkat kegagalan hardware sangat besar. Jadi ketika sebuah produk hardware dikeluarkan saat ini maka lima tahun kedepan hardware tersebut sudah usang. Lain hal dengan software, yang dalam kurun waktu 5 tahun dapat terjaga kemampuannya asalkan memenuhi kriteria.
Namun di sisi lain, tingkat keberhasilan software patut diperhatikan. Dari data yang diperoleh ternyata kecenderungan perangkat lunak memiliki tingkat keberhasilan sebagai berikut:

Perangkat lunak dapat digunakan dengan baik menempati posisi terendah, artinya perangkat lunak yang langsung dapat digunakan dengan baik oleh pengguna hanya sedikit.
Perangkat lunak dapat digunakan setelah dilakukan perubahan menempati posisi kedua terendah, artinya perangkat lunak lumayan dapat digunakan setelah dilakukan perubahan oleh pembuat.
Perangkat lunak digunakan dengan dikerajakan ulang atau selanjutnya dibatalkan menempati posisi tengah, artinya lumayan banyak perangkat lunak yang dapat digunakan namun setelah itu dikerjakan ulang atau justru dibatalkan oleh user.
Perangkat lunak dibiayai namun tidak pernah dikirim menempati posisi kedua teratas, artinya banyak orang yang memesan perangkat lunak dan sudah membayarnya namun tidak kunjung mendapatkan perangkat lunak yang dipesan tersebut.
Perangkat lunak dikirim, namun tidak pernah berhasil digunakan menempati posisi teratas, artinya kebanyakan perangkat lunak tidak berjalan sesuai yang diharapkan oleh user.

Sementara itu tren perangkat lunak yang bekembang di masyarakat dari sumber Trends Software Application by IEEE 1983 adalah sebagai berikut:

Built in software for high value product:
Home electronics
Office automation
Industrial automation
Aerospace and wireless communication
Switching and wired communication
Process and production control
Traditional: Bussiness data processing

PROSES PEREKAYASAAN PERANGKAT LUNAK
Rekayasa perangkat lunak awal mula tentu berangkat dari kebutuhan user (pengguna). Maka dalam hal ini analisis terhadap kebutuhan pengguna adalah hal yang paling utama yang menentukan tingkat keberhasilan perangkat lunak nantinya. Setelah itu baru masuk ke kebutuhan sistem, dalam hal ini kebutuhan dari sistem yang akan diteliti. Setelah itu baru dilakukan proses pembuatan perangkat lunak yang dibantu oleh tools berupa metoda formal yang digunakan dalam perancangan perangkat lunak. Maka dari keseluruhan tadi akan dihasilkan sebuah produk yang sebelumnya harus diuji terlebih dahulu dengan sebuah Software Quality Assurance (SQA) sebelum software dapat diberikan kepada user.

SIKLUS HIDUP PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI (SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLES - SDLC)
Secara konseptual siklus pengembangan sebuah sistem informasi adalah sbb:

Planning (Perencanaan): dapat berupa proposal pengajuan perancangan sistem informasi kepada user. Jika user tertarik, maka akan masuk ke tahap yang selanjutnya.
Analisis: dalam hal ini pembuat akan mendiskusikan berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh user agar sistem informasi yang akan dibuat sesuai dengan keinginan user.
Design: pembuat akan mendesign rancangan sistem informasi dengan bertanya langsung kepada user mengenai design yang diinginkan oleh user. Tahap analisis dan design adalah tahap yang paling essensial ketika perangkat lunak akan berinteraksi dengan user.
Implementasi: tahap ini biasanya berupa coding yang berangkat dari analisis dan design yang telah dilakukan.

BEBERAPA HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM PEMBUATAN PROJECT

Apa yang diinginkan oleh user?
Apa yang dipikirkan oleh manajer proyek?
Apa yang didefinisikan oleh sistem analis?
Apa yang dibuat oleh programmer?
Produk seperti apa yang dipakai oleh user?
Apa sebenarnya yang diinginkan oleh user?

Jadi pada intinya pembuatan sebuah software atau sistem informasi yang dibuat harus sesuai dengan yang diinginkan oleh user.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Free Web Hosting